Label

Jumat, 19 Oktober 2012

Info Cara Berjualan Tokopedia

6 Alasan Jualan Online di Tokopedia, BEDA!

http://jual.tokopedia.com/

Pertama-tama, tentunya Anda harus membangun toko online Anda terlebih dahulu di tokopedia dan menata etalase Anda. Untuk upload produk pastikan Anda telah membaca ketentuan upload produk di Tokopedia.

Order Baru

Setelah produk-produk Anda tertata rapi di etalase toko online yang Anda miliki, langkah selanjutnya adalah menunggu datangnya order baru.
alert order baruOrder baru ditandakan dengan alert di to do list di panel sebelah kiri login tokopedia Anda. Kami juga mengirimkan email alert kepada Anda untuk setiap order baru yang masuk. Perlu diketahui setiap order yang masuk, berarti pembayaran sudah diterima oleh pihak Tokopedia, dan akan segera dicairkan ke saldo deposito tokopedia Anda apabila pembeli telah menerima barang.
Cara lain mengakses order baru adalah dengan click menu My Shop kemudian ke tab Transaksi.

Terima / Tolak order

Untuk setiap order baru yang Anda terima, Anda harus menentukan apakah akan menerima penuh / menerima sebagian / menolak order itu dalam kurun waktu maksimal 3 hari setelah pembayaran dari pembeli diterima oleh Tokopedia.
Dalam hal pembelian dengan jumlah banyak (lebih dari satu), apabila pembeli memilih agar order diproses secara utuh (tidak sebagian), dan stok yang tersedia tidak mencukupi, maka Anda diharapkan menolak order untuk mencegah kekecewaan pembeli. Namun apabila pembeli memilih terima sebagian, maka Anda dapat melakukan Terima Order Sebagian dan mengirimkan stok yang tersedia. Dana pembayaran dari pembeli nantinya akan Anda terima sesuai jumlah barang yang dikirimkan.
Apabila Anda menolak order atau tidak memberikan respon setelah 3 hari, maka order akan otomatis dibatalkan, dan dana pembayaran akan dikembalikan sepenuhnya kepada pembeli.
konfirmasi order

Konfirmasi pengiriman barang

Jika Anda memilih untuk menerima order, segeralah proses pengiriman barang dan setelah itu menginput nomor resi sebagai bukti pengiriman barang telah dilakukan. Pastikan Anda menggunakan kurir pengiriman sesuai dengan kurir yang dipilih oleh pembeli.
Batas waktu menginput nomor resi adalah 5 hari setelah pembayaran dari pembeli diterima oleh Tokopedia. Apabila penjual tidak menginput nomor resi setelah batas waktu yang ditentukan, maka order secara otomatis akan dibatalkan, dan dana akan dikembalikan ke pembeli.
konfirmasi pengirimanSetelah Anda mengirimkan barang dan mendapatkan nomor resi, click tombol konfirmasi dan masukkan nomor resi dengan benar.
formulir konfirmasi pengirimanSimpanlah bukti resi pengiriman hingga pembeli melakukan konfirmasi penerimaan.

Pantau status barang

Anda bisa memantau status barang secara online dengan menggunakan fitur Tracking Order yang tersedia
tracking order

Menunggu konfirmasi penerimaan barang

Setelah barang sampai, Anda tinggal menunggu konfirmasi penerimaan barang dari pembeli. Ketika jasa kurir pengiriman barang telah memberikan update bahwa barang telah sampai di tangan pembeli, pembeli diberikan waktu maksimal hingga 3 hari untuk konfirmasi penerimaan. Jika tidak ada konfirmasi penerimaan dalam 3 hari setelah barang seharusnya diterima, maka transaksi dianggap selesai, dan saldo deposito penjual akan bertambah sesuai dengan nominal transaksi yang dilakukan.
Penjual bisa melakukan penarikan dana terhadap keuntungan penjual setelah itu.

Berjualan bukan beriklan

Produk pada etalase toko Anda adalah produk yang memang ingin Anda jual melalui media Tokopedia.
Tokopedia tidak berfungsi sebagai tempat promosi, tetapi berfungsi sebagai tempat terjadinya transaksi. Oleh sebab itu setiap produk yang ditata di etalase toko online Anda, haruslah merupakan produk yang memang ingin Anda jual melalui Tokopedia.
Beberapa hal yang termasuk pelanggaran untuk poin ini antara lain:
  • Memanfaatkan etalase produk Anda untuk iklan ke website lain.
  • Deskripsi produk tidak berisi informasi produk, tetapi mengacu ke cara menghubungi Anda melalui media-media lain.
    Kami mengerti perlunya media komunikasi dengan pembeli, untuk itu kami telah menyediakan fitur Talk About It sebagai wadah diskusi dan tanya jawab yang transparan antara penjual dengan pembeli.

Harga adalah fixed-price

Harga yang Anda pasang adalah harga akhir diluar ongkos kirim, karena sistem Tokopedia otomatis menghitung semuanya dan membebankan kepada pembeli. Dengan harga fixed-price dan terendah yang bisa Anda berikan, transaksi bisa langsung terjadi tanpa harus terjadi tawar-menawar berkepanjangan yang pastinya akan membuang waktu Anda.

Pisah produk berdasarkan model, warna, ukuran, dan harga dengan baik

Apabila anda memiliki produk dengan model, warna, atau ukuran yang berbeda, pisahlah masing-masing produk sesuai dengan model, warna, atau ukuran.
Hal ini akan memudahkan terjadinya order yang sudah jelas deskripsi barang yang diinginkan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Pembeli ketika memasukkan produk ke keranjang belanja, sudah dengan wujud model, warna, dan ukuran yang diinginkan.
Contoh menata produk pada etalase yang salah:
Penataan produk seperti ini salahContoh menata produk pada etalase yang benar:
Penataan produk seperti ini benar

Bisa dikirimkan dengan kurir-pengiriman yang didukung Tokopedia

Produk harus berwujud barang fisik yang bisa dikirimkan melalui kurir pengiriman yang didukung oleh sistem Tokopedia.
Salah satu metode verifikasi transaksi Tokopedia untuk pengalaman belanja yang lebih aman adalah penjual harus menginput nomor resi setelah mengirimkan barang, sehingga baik pembeli maupun penjual bisa melakukan tracking-order secara berkala untuk mengetahui status terakhir barang yang dibeli. Oleh sebab itu barang-barang yang diperdagangkan haruslah barang yang memang bisa dikirimkan melalui kurir pengiriman yang didukung oleh Tokopedia.

Tidak berupa jasa

Tokopedia berfungsi sebagai mediator antara penjual dan pembeli dengan visi menyediakan tempat bertransaksi online yang lebih aman. Khusus kategori jasa, transaksi yang dilakukan tidak mudah diverifikasi. Oleh sebab itu untuk saat ini, kami belum bisa menerima etalase dengan produk yang termasuk kategori jasa.

Maksimal harga satuan produk adalah 25 juta rupiah

Batasan harga per produk adalah Rp. 25.000.000,-
Apabila Anda memiliki produk dengan harga diatas limit yang kami sediakan, untuk sementara belum bisa kami tampung di etalase Tokopedia.

Tidak bebas ongkos kirim

Jangan menata etalase dengan keterangan deskripsi Bebas Ongkos Kirim.
Ongkos kirim secara otomatis akan dihitung oleh sistem Tokopedia tergantung berat kemasan, asal toko, dan alamat tujuan pengiriman. Sehingga saat ini belum memungkinkan untuk memasarkan produk Anda dengan bebas ongkos kirim. Jika Anda berniat meniadakan ongkos kirim untuk barang Anda, maka silahkan mengurangi harga barang jualan Anda.

Barang Ready Stock

Barang Ready Stock dan tidak bersifat Pre Order.
Untuk saat ini, Tokopedia juga hanya mendukung penjualan barang yang sudah bersifat ready stock. Ke depannya kami akan menyediakan fitur Pre-Order juga. Hanya saja sebelum fitur tersebut kami sediakan, semua etalase yang dibangun di Tokopedia harus untuk barang yang memang sudah ready stock.

Saldo deposito

Apabila pembeli sudah melakukan konfirmasi penerimaan barang, saldo deposito Anda akan bertambah sesuai dengan nominal penjualan yang Anda lakukan.
Untuk pembeli yang tidak konfirmasi penerimaan barang dalam 3 hari setelah status kurir-pengiriman mengisyaratkan barang diterima, transaksi akan dianggap selesai, dan saldo deposito Anda akan bertambah sesuai dengan nominal penjualan.
Saldo Deposito Tokopedia Anda

Penarikan dana / Withdrawal

Saldo deposito Tokopedia Anda bisa Anda cairkan sewaktu-waktu dengan cara click link withdrawal yang berada di panel sebelah kiri layar akun Tokopedia Anda.
Minimal Withdrawal Rp.20,000,-
Saldo Deposito Tokopedia AndaAnda akan masuk ke halaman withdrawal dan bisa melihat rincian dari segala aktivitas keuangan yang terjadi selama ini.
Halaman Saldo DepositoUntuk penarikan dana, klik tombol Withdraw yang berada di sudut kanan atas, dan masukkan data nomor rekening beserta nama pemilik rekening tujuan pencairan dana.
Form WithdrawalPermohonan withdrawal akan kami proses dalam 1x24 jam hari kerja.
Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari pengguna.
Note: Ketersediaan layanan transaksi, baik pembayaran, pencairan dana, maupun pengiriman bergantung pada jadwal proses bank dan kurir pengiriman yang bersangkutan, berdasarkan ketentuan telah ditetapkan. Hal tersebut dapat menyebabkan sejumlah keterlambatan, dan karena itu kami memberikan toleransi batas waktu. Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi layanan nasabah bank dan kantor kurir setempat.
sumber : http://www.tokopedia.com/help

silakan kunjungin : http://www.tokopedia.com/powpowgrosir

 

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Min, barang yang mau dikirim, dijemput oleh jasa pengiriman ke toko si penjual atau penjual yang ngantar ke kantor jasa pengiriman misalnya JNE?
    Terus yang mencantumkan alamat pembeli, si penjual atau tokopedia?
    Kalau penjual yang mencantumkan, dicantumkan di kardus atau surat? atau cukup cantumkan resi pengiriman?

    BalasHapus
  4. Apakah setelah menerima order baru penjual dapat no resi dr toko pedia?

    BalasHapus