6 Alasan Jualan Online di Tokopedia, BEDA!
http://jual.tokopedia.com/
Pertama-tama, tentunya Anda harus membangun toko online Anda terlebih dahulu di tokopedia dan menata etalase Anda. Untuk upload produk pastikan Anda telah membaca ketentuan upload produk di Tokopedia.Order Baru
Order baru ditandakan dengan alert di to do list di panel sebelah kiri login tokopedia Anda. Kami juga mengirimkan email alert kepada Anda untuk setiap order baru yang masuk. Perlu diketahui setiap order yang masuk, berarti pembayaran sudah diterima oleh pihak Tokopedia, dan akan segera dicairkan ke saldo deposito tokopedia Anda apabila pembeli telah menerima barang.
Cara lain mengakses order baru adalah dengan click menu My Shop kemudian ke tab Transaksi.
Terima / Tolak order
Dalam hal pembelian dengan jumlah banyak (lebih dari satu), apabila pembeli memilih agar order diproses secara utuh (tidak sebagian), dan stok yang tersedia tidak mencukupi, maka Anda diharapkan menolak order untuk mencegah kekecewaan pembeli. Namun apabila pembeli memilih terima sebagian, maka Anda dapat melakukan Terima Order Sebagian dan mengirimkan stok yang tersedia. Dana pembayaran dari pembeli nantinya akan Anda terima sesuai jumlah barang yang dikirimkan.
Apabila Anda menolak order atau tidak memberikan respon setelah 3 hari, maka order akan otomatis dibatalkan, dan dana pembayaran akan dikembalikan sepenuhnya kepada pembeli.
Konfirmasi pengiriman barang
Batas waktu menginput nomor resi adalah 5 hari setelah pembayaran dari pembeli diterima oleh Tokopedia. Apabila penjual tidak menginput nomor resi setelah batas waktu yang ditentukan, maka order secara otomatis akan dibatalkan, dan dana akan dikembalikan ke pembeli.
Setelah Anda mengirimkan barang dan mendapatkan nomor resi, click tombol konfirmasi dan masukkan nomor resi dengan benar.
Simpanlah bukti resi pengiriman hingga pembeli melakukan konfirmasi penerimaan.
Pantau status barang
Menunggu konfirmasi penerimaan barang
Penjual bisa melakukan penarikan dana terhadap keuntungan penjual setelah itu.
Berjualan bukan beriklan
Tokopedia tidak berfungsi sebagai tempat promosi, tetapi berfungsi sebagai tempat terjadinya transaksi. Oleh sebab itu setiap produk yang ditata di etalase toko online Anda, haruslah merupakan produk yang memang ingin Anda jual melalui Tokopedia.
Beberapa hal yang termasuk pelanggaran untuk poin ini antara lain:
- Memanfaatkan etalase produk Anda untuk iklan ke website lain.
- Deskripsi produk tidak berisi informasi produk, tetapi mengacu ke cara menghubungi Anda melalui media-media lain.
Kami mengerti perlunya media komunikasi dengan pembeli, untuk itu kami telah menyediakan fitur Talk About It sebagai wadah diskusi dan tanya jawab yang transparan antara penjual dengan pembeli.
Harga adalah fixed-price
Pisah produk berdasarkan model, warna, ukuran, dan harga dengan baik
Hal ini akan memudahkan terjadinya order yang sudah jelas deskripsi barang yang diinginkan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Pembeli ketika memasukkan produk ke keranjang belanja, sudah dengan wujud model, warna, dan ukuran yang diinginkan.
Contoh menata produk pada etalase yang salah:
Contoh menata produk pada etalase yang benar:
Bisa dikirimkan dengan kurir-pengiriman yang didukung Tokopedia
Salah satu metode verifikasi transaksi Tokopedia untuk pengalaman belanja yang lebih aman adalah penjual harus menginput nomor resi setelah mengirimkan barang, sehingga baik pembeli maupun penjual bisa melakukan tracking-order secara berkala untuk mengetahui status terakhir barang yang dibeli. Oleh sebab itu barang-barang yang diperdagangkan haruslah barang yang memang bisa dikirimkan melalui kurir pengiriman yang didukung oleh Tokopedia.
Tidak berupa jasa
Maksimal harga satuan produk adalah 25 juta rupiah
Apabila Anda memiliki produk dengan harga diatas limit yang kami sediakan, untuk sementara belum bisa kami tampung di etalase Tokopedia.
Tidak bebas ongkos kirim
Ongkos kirim secara otomatis akan dihitung oleh sistem Tokopedia tergantung berat kemasan, asal toko, dan alamat tujuan pengiriman. Sehingga saat ini belum memungkinkan untuk memasarkan produk Anda dengan bebas ongkos kirim. Jika Anda berniat meniadakan ongkos kirim untuk barang Anda, maka silahkan mengurangi harga barang jualan Anda.
Barang Ready Stock
Untuk saat ini, Tokopedia juga hanya mendukung penjualan barang yang sudah bersifat ready stock. Ke depannya kami akan menyediakan fitur Pre-Order juga. Hanya saja sebelum fitur tersebut kami sediakan, semua etalase yang dibangun di Tokopedia harus untuk barang yang memang sudah ready stock.
Saldo deposito
Untuk pembeli yang tidak konfirmasi penerimaan barang dalam 3 hari setelah status kurir-pengiriman mengisyaratkan barang diterima, transaksi akan dianggap selesai, dan saldo deposito Anda akan bertambah sesuai dengan nominal penjualan.
Penarikan dana / Withdrawal
Minimal Withdrawal Rp.20,000,-
Anda akan masuk ke halaman withdrawal dan bisa melihat rincian dari segala aktivitas keuangan yang terjadi selama ini.
Untuk penarikan dana, klik tombol Withdraw yang berada di sudut kanan atas, dan masukkan data nomor rekening beserta nama pemilik rekening tujuan pencairan dana.
Permohonan withdrawal akan kami proses dalam 1x24 jam hari kerja.
Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari pengguna.
Note: Ketersediaan layanan transaksi, baik pembayaran, pencairan dana, maupun pengiriman bergantung pada jadwal proses bank dan kurir pengiriman yang bersangkutan, berdasarkan ketentuan telah ditetapkan. Hal tersebut dapat menyebabkan sejumlah keterlambatan, dan karena itu kami memberikan toleransi batas waktu. Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi layanan nasabah bank dan kantor kurir setempat.
sumber : http://www.tokopedia.com/help
silakan kunjungin : http://www.tokopedia.com/powpowgrosir
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMin, barang yang mau dikirim, dijemput oleh jasa pengiriman ke toko si penjual atau penjual yang ngantar ke kantor jasa pengiriman misalnya JNE?
BalasHapusTerus yang mencantumkan alamat pembeli, si penjual atau tokopedia?
Kalau penjual yang mencantumkan, dicantumkan di kardus atau surat? atau cukup cantumkan resi pengiriman?
Apakah setelah menerima order baru penjual dapat no resi dr toko pedia?
BalasHapus